Home Olahraga Argentina Tuntaskan Perlawanan Timnas Garuda Dua Gol Tanpa Balas

Argentina Tuntaskan Perlawanan Timnas Garuda Dua Gol Tanpa Balas

Jakarta, Gatra.com - Juara Piala Dunia 2023 Argentina sukses menumbangkan tuan rumah Indonesia di laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin malam, (19/6/2023).

Dua gol Tim Tango dicetak oleh gelandang Juventus, Leandro Paredes, pada menit ke-37. Sementara gol kedua dilesakkan bek Tottenham Hotspurs, Cristian Romero, pada menit ke-55.

Sejatinya, Timnas Garuda tampil cukup baik dari segi organisasi pertahanan. Sebagai bukti, jala Ernando Ari baru kebobolan beberapa menit menjelang babak pertama usai. Itu pun terjadi melalui sepakan jarak jauh Paredes.

Sama halnya dengan gol kedua Albiceleste. Gol terjadi melalui sepakan pojok. Umpan Lo Celso sukses dimanfaatkan menjadi gol oleh tandukan Romero. Pasukan Merah Putih hanya kehilangan konsentrasi dan kalah postur tubuh.

Kesulitan La Albiceleste menembus pertahanan rapi anak asuh Shin Tae-yong menjadi bukti bahwa mereka mengalami kebuntuan tanpa hadirnya sang kreator, Lionel Messi. Alih-alih berkunjung ke Jakarta, Leo lebih memilih berlibur ke Barcelona, Spanyol, bersama dua rekannya, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, beralasan bahwa Messi membutuhkan waktu istirahat. Itulah mengapa ia mengizinkannya untuk tidak datang ke Indonesia.

"Saya mengerti fans Indonesia sedih, tapi Messi sedang beristirahat. Saya telah memutuskan sebelumnya bahwa Messi, Di Maria, dan Otamendi harus beristirahat usai musim yang panjang," ujar Scaloni dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu kemarin, (17/6/2023).

Di sisi lain, walau tampil gemilang dari sisi pertahanan, Marc Klok dkk. kesulitan mengembangkan permainan dalam mode ofensif. Sejumlah peluang Timnas baru cukup merepotkan penjaga gawang Emi Martinez tatkala Pratama Arhan masuk di babak kedua. Lemparan ke dalam jarak jauh andalannya cukup membuat Emi terkejut.

Selain Arhan, dua nama lain cukup menarik perhatian sejumlah kurang lebih 56.000 penonton yang memadati SUGBK. Kedua nama itu adalah Marselino Ferdinan dan Asnawi Mangkualam.

Marselino tampil gemilang usai sukses menunjukkan sejumlah dribel. Salah satu korbannya ialah penyerang sayap Manchester United, Alejandro Garnacho.

Asnawi pun menunjukkan penampilan yang tak kalah apiknya. Ia tampak beberapa kali sukse melakukan tekel yang bersih. Lagi-lagi, salah satu korbannya juga ialah Garnacho.

Shin Tae-yong tampaknya memang tak mau main-main dalam menghadapi perlawanan Argentina. Ia sudah menyiapkan racikan khusus. Latihan tertutup terpal hitamnya bahkan sempat disorot media internasional.

"Jadi kami pastinya fokus ke peetandingan, bukan hiburan. Apalagi ini Argentina. Tidak hanya mengandalkan Messi," ucap Shin sehari sebelum peetandingan.

Target Shin selanjutnya ialah membawa Timnas U23 lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia 2023 pada awal tahun depan. Ini bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, Indonesia berada satu grup dengan lawan-lawan berat, yakni Jepang, Irak, dan Vietnam.

53