Home Politik Berpihak Pada Rakyat Kecil, Prabowo Subianto Figur Capres Dambaan Masyarakat Akar Rumput

Berpihak Pada Rakyat Kecil, Prabowo Subianto Figur Capres Dambaan Masyarakat Akar Rumput

Jakarta, Gatra.com - Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai sosok yang sangat memihak pada rakyat kecil. Figur yang digadang maju calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 ini, telah lama dikenal sebagai pemimpin dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Nasionalisme Prabowo saya kira sudah teruji. Keberpihakannya terhadap rakyat kecil juga nyata,” ujar Yusak melalui kterangan tertulisnya, Senin (17/7).

Yusak mengatakan, tidak begitu heran dengan hadirnya dukungan besar kepada Prabowo untuk Pilpres mendatang. Sebab karakteritik kepemimpinan Prabowo banyak disukai masyarakat khususnya masyarakat kalangan bawah atau akar rumput.

Selain memiliki nasionalisme tinggi, menurut Yusak, Prabowo merupakan figur Capres yang dapat menyatukan Indonesia dengan multi kultur, multi etnik, hingga multi ideologi-nya. Dia menilai Prabowo sebagai sosok capres ideal untuk Indonesia di masa depan.

Yusak mengungkapkan, jiwa patriot yang tersemat dalam diri Prabowo memberikan sebuah bukti nyata. Bahwa Menteri Pertahanan RI ini merupakan pemimpin yang berani berkorban untuk NKRI.

“Prabowo adalah sosok yang bisa mempersatukan Indonesia yang multi kultur, multi etnik, bahkan multi ideologi,” kata Yusak.

Menyitir pada hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 26—30 Mei 2023, pemilih berlatar belakang petani, peternak, dan nelayan, mayoritas memilih Prabowo dengan angka dukungan sebesar 48,5 persen. Jauh lebih tinggi ketimbang Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masing-masing mendapatkan suara 29,7 persen dan 6,1 persen.

Sementara itu, pada kelompok pemilih dari kalangan buruh kasar, bengkel/teknisi, satpam, supir, pedagang kecil, juga banyak memilih Prabowo dengan 39,2 persen. Sedangkan Ganjar dapat 39,1 persen dan Anies hanya 16,1 persen.

51