Home Politik Prabowo Dinilai Sosok Capres Pilihan Masyarakat Jawa Timur

Prabowo Dinilai Sosok Capres Pilihan Masyarakat Jawa Timur

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai merupakan sosok Calon Presiden (Capres) pilihan masyarakat Jawa Timur (Jatim). Pengamat politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Singgih Manggalou menyatakan figur Prabowo belakangan menjelma menjadi sebuah magnet politik bagi masyarakat Jatim dalam menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Sosok Pak Prabowo sebagai magnet politik semakin terlihat di Jawa Timur,” kata Singgih melalui keterangannya, Jumat (18/8).

Ketua Umum Partai Gerindra itu belakangan ini terbilang menonjol dalam tingkat elektabilitas di Jatim. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 2—11 Agustus 2023.

Dari survei SRS tersebut, Prabowo terbukti unggul dari kandidat Capres partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. Dari simulasi tiga nama, Prabowo terbukti mengantongi dukungan sebanyak 43,7 persen, diikuti Ganjar dengan 39,5 persen dan Anies yang hanya meraup dukungan sebesar 12,2 persen.

Tak hanya unggul dari sisi elektabilitas di Jatim, figur Prabowo juga saat ini semakin dikenal oleh masyarakat Jatim. Di beberapa titik di Jatim sudah terpampang billboard bertuliskan Wayahe Prabowo, di antaranya di Madiun.

Billboard yang berlokasi di sekitaran Jalan Diponegoro, Oro-oro Ombo, Kota Madiun itu sukses membuat geger warga yang ada di sekitar area tersebut. Billboard yang didominasi warna putih itu berhasil mencuri perhatian warga sekitar apalagi di dalam billboard tersebut, Prabowo bersanding dengan Presiden Jokowi.

Maka dari itu, Singgih meyakini masyarakat Jatim sudah sepenuh hati mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang. Tak hanya dari tingkat elektabilitas dan juga billboard yang bertebaran di beberapa titik di Jatim, dukungan relawan juga turut serta mengerek elektabilitas orang nomor satu di Kemenhan tersebut.

Salah satunya datang dari para relawan Khofifah yang sudah mendeklarasikan diri mendukung Prabowo di Pilpres 2024 nanti.

“Dukungan dari para relawan Bu Khofifah terlihat cukup intens membantu kenaikan elektabilitas,” ujar Singgih.

34