Home Pendidikan Unsada Lantik Rektor Baru, Didorong Terus Cetak SDM Unggul

Unsada Lantik Rektor Baru, Didorong Terus Cetak SDM Unggul

Jakarta, Gatra.com - Menciptakan Sumber Daya manusia (SDM) yang bisa bersaing menjadi pekerjaan rumah bagi tiap perguruan tinggi. Pesan ini pula yang disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Melati Sakura, Rachmat Gobel saat melantik Rektor Universitas Darma Persada (Unsada)

Adalah Agus Salim Dasuki yang hari ini (11/10) dilantik sebagai Rektor baru Unsada masa jabatan 2023-2027. Dalam sambutannya pasca melantik, Gobel pun menitipkan pesan agar Unsada bisa memberikan sumbangsih dalam membangun SDM Indonesia.

“Ciptakanlah SDM yang bukan hanya berilmu, namun juga memiliki taqwa. Jadi, kuncinya adalah bangun SDM yang tidak hanya menguasai IPTEK, tapi juga IMTAQ (iman dan taqwa),” tutur pria yang juga Wakil Ketua DPR RI tersebut di Kampus Unsada, Jakarta, Rabu (11/10).

Menurutnya, Indonesia kedepan akan menghadapi tantangan geopolitik dan ekonomi. Kebutuhan akan investasi, tentunya juga akan membuka pintu masuk bagi tenaga SDM dari berbagai negara. Dalam hal ini, yang menurut Gobel, akan mempunyai imbas terhadap SDM dalam negeri.

“SDM Indonesia bukan hanya dituntut bisa bersaing, tapi bagaimana mereka dapat melakukan transfer pengetahuan mereka dengan tenaga asing,” jelas dia.

Terakhir, ia pun percaya dibawah kepemimpinan Agus Salim mendatang, Unsada bisa mewujudkan harapan tersebut. Utamanya, dalam membangun lulusan yang berorientasikan ras hormat dan beretika.

“Inilah harapan saya. Unsada dapat meluluskan anak-anak yang mempunyai Iman, Taqwa, dan Iptek,” tegas dia.

Di kesempatan yang sama, Rektor Unsada, Agus Salim Dasuki, menegaskan bahwa pihaknya akan mewujudkan apa yang disampaikan Gobel tentang kebutuhan SDM unggul Indonesia kedepan. Ia pun setuju, bahwa kedepan lulusan Unsada harus mempunyai bekal Iman, Taqwa, dan menguasai IPTEK.

“Tentu kami akan menyusun sebuah program yang bukan hanya berfokus soal akademik, namun juga soal rohani dan etika. Agar mahasiswa memiliki bekal IMTAQ dan IPTEK seperti yang dipesankan sebelumnya,” papar dia.

Selain itu, Agus juga menegaskan pihaknya juga akan tetap menjadikan hubungan baik antara Jepang dan Unsada sebagai bagian penting dalam upaya memajukan lulusan kedepan.

“Tentunya kami akan terus berkolaborasi dan menjaga hubungan baik dengan Jepang. Karena salah satu investasi dalam mencetak lulusan unggul tentu dengan kolaborasi tersebut. Itu ruh kami,” tegas dia.

304