Home Pendidikan Kunjungi TK di Bali, Kahiyang Ayu Dukung Transformasi PAUD

Kunjungi TK di Bali, Kahiyang Ayu Dukung Transformasi PAUD

Jakarta, Gatra.com - Bukan hanya sebagai tempat pembelajaran, sekolah juga dituntut untuk bisa menjadi wadah pengembangan karakter dan kreativitas anak. Hal ini penting dalam upaya menggali potensi anak sejak menjalani Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Upaya tersebut salah satunya bisa dicapai dengan membentuk lingkungan belajar yang dapat mendukung perkembangan holistik anak. Lingkungan ini yang coba dilakukan oleh TK Children's House Cendekia Harapan, dengan mengedepankan kebebasan anak untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka.

Kepala Sekolah TK Children's House Cendekia Harapan, Ni Luh Sekar Astuti, menjelaskan bahwa anak bukanlah kertas kosong, melainkan memiliki inner teacher (guru batin) dalam dirinya.

"Pendekatan ini memungkinkan pendidikan yang menekankan penggalian potensi unik setiap anak dan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang berkembang secara holistik," ujar Astuti, Rabu (1/11).

Selain itu, Ia juga menyebut pentingnya sekolah, khususnya sekolah PAUD, untuk mengedepankan pendekatan belajar yang menitikberatkan pada perkembangan keterampilan sosial, emosional, dan kognitif anak.

Bentuk kolaborasi dalam membangun pendidikan PAUD yang terwujud, salah satunya dengan dilakukannya studi tiru Bunda PAUD Kota Medan, Kahiyang Ayu yang didampingi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Pokja PAUD Kota Medan ke TK Children's House Cendekia Harapan.

Dalam kegiatan studi tiru tersebut, Kahiyang yang juga Putri dari Presiden Joko Widodo mengapresiasi gagasan inovatif dalam upaya peningkatan PAUD sebagaimana yang ditunjukan TK Children's House Cendekia Harapan.

“Tak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi kunjungan juga memupuk semangat kolaboratif antara berbagai lembaga PAUD di berbagai daerah," ujar dia.

Ditambahkan Pendiri Sekolah TK Children's House Cendekia Harapan, Lidia Sandra, semangat kolaboratif antar berbagai lembaga PAUD di daerah sejatinya merupakan kunci penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan PAUD.

“Dengan kolaborasi, diharapkan masa depan pendidikan anak Indonesia akan semakin cerah dan penuh potensi positif,” tegas dia.

122