Home Olahraga Tutup AFC Cup 2023, Bali United Kalah dari Terengganu FC

Tutup AFC Cup 2023, Bali United Kalah dari Terengganu FC

Terengganu, Gatra.com - Bali United menutup Piala AFC 2023 dengan kekalahan 0-2 dari Terengganu FC dalam laga terakhir di fase grup di Stadion Sultan Mizan Zainal Abidin, Terengganu, Malaysia, Rabu (13/12) malam.

Turun dengan skuad lapis kedua, pasukan Serdadu mampu memberikan tekanan kepada tuan rumah. Sejumlah penyelamatan dilakukan penjaga gawang Muhammad Ridho dalam mengawal gawang Serdadu Tridatu pada laga kali ini.

Walau harus mengakui dua gol tuan rumah, tetapi beberapa penyelamatan gemilang berhasil dilakukan oleh Muhammad Ridho. Dua gol Terengganu FC dicetak oleh Sony Norde di babak pertama dan Sardor Kulmatov pada babak kedua.

Upaya serangan pun coba dibangun oleh kedua tim sejak menit pertama. Sundulan Habib Haroon pada menit ke-20 masih membentur tiang gawang yang dijaga M. Ridho.

Ivan Mamut sempat menjebol gawang Bali United pada menit ke-25 yang lebih dulu dalam posisi offside.

Empat menit kemudian, kembali Ivan Mamut melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti mampu diredam oleh M. Ridho menjaga gawangnya.

Pada menit ke-35, umpan crossing dilepaskan Privat Mbarga mengarah kepada Ilija Spasojevic yang masih dihalangi lini belakang Terengganu FC.

Sony Norde melepaskan tembakan melengkung pada menit 39 akhirnya menjebol gawang Bali United setelah 5 penyelamatan dilakukan M. Ridho untuk Bali United.

Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan tuan rumah 1 gol atas tamunya, Bali United.

Memasuki babak kedua, pergantian dilakukan Coach Teco dengan memasukan Ramdani dan Kadek Agung menggantikan Tegar dan Gede Sunu.

Peluang emas milik Bali United pada menit ke-57 hampir berbuah gol dimana umpan Spasojevic disambut Privat dengan tembakan yang masih diamankan penjaga gawang Terengganu FC.

Peluang kedua kembali hadir memanfaatkan umpan terobosan Privat Mbarga yang disambut Yabes Roni dengan tembakan pada menit ke-61 masih mengenai tangan penjaga gawang Terengganu FC.

Menit ke-64, Coach Teco kembali melakukan pergantian dengan menarik Yabes Roni dengan memasukan Rahmat.

Sepuluh menit kemudian, kembali dua pemain dari cadangan dimasukan oleh Coach Teco yaitu Made Andhika dan Taufik Hidayat.

Kedua pemain tersebut masuk menggantikan Privat Mbarga dan Haudi Abdillah.

Setelah lima pergantian pemain dilakukan untuk bisa menyamakan kedudukan, gol tuan rumah malah kembali hadir memperlebar jarak keadaan.

Gol kedua Terengganu FC hadir di penghujung babak kedua pada menit 89 yang dicetak oleh Sardor Kulmatov memanfaatkan serangan balik cepat.

Skor 2-0 ini bertahan hingga babak kedua berakhir dan Bali United gagal meraih kemenangan untuk menutup laga terakhir fase grup G AFC Cup 2023/2024.

Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra menyebutkan bila rotasi pemain memberikan kesempatan kepada semua pemain memiliki pengalaman berharga di laga malam ini.

“Tim kami hari ini yang bertanding adalah beberapa pemain yang belum atau kurang dalam menit bermain di Liga 1. Sebelumnya kami sudah tahu kalau kami tidak dapat melaju ke fase berikutnya sehingga datang dengan beberapa pemain yang berbeda. Tentu ini laga penting buat mereka untuk menilai dan mengevaluasi penampilan mereka di pertandingan hari ini,” ungkap Coach Teco.

Apalagi jadwal kompetisi berdekatan membuat Coach Teco harus pintar mengatur tim dan menjaga kebugaran para pemainnya.

Setelah menutup kompetisi fase grup AFC Cup musim ini, Bali United akan mengalihkan kembali fokusnya di Liga 1 musim ini.

“Kami sekarang berada di peringkat kedua di Liga 1 dan kami punya satu laga penting di Bali. Kami akan menghadapi peringkat ketiga, Persib Bandung di rumah kami. Maka fokus kami saat ini adalah laga penting tersebut,” jelas Coach Teco.

Dengan hasil 6 pertandingan di musim ini, Bali United menutup fase grup G dengan menempati posisi ketiga di papan klasemen di bawah Central Coast Mariners dan Terengganu FC. Sementara wakil Filipina, Stallion Laguna FC berada di dasar klasemen di bawah Bali United

51