Home Regional Libatkan Unit K-9, Polres Purworejo Sterilisasi Gereja Santa Perawan Maria

Libatkan Unit K-9, Polres Purworejo Sterilisasi Gereja Santa Perawan Maria

Purworejo, Gatra.com - Untuk memastikan umat Kristiani bisa melaksanakan ibadah Natal dengan aman dan nyaman, Polres Purworejo, Podla Jateng, melakukan sterilisasi gereja. Bersama dengan personel TNI, Satpol PP dan Pengurus Paroki Gereja Santa Perawan Maria Purworejo, mereka menyisir luar dan dalam gereja memastikan keamanan.

Polres Purworejo juga melibatkan Unit K-9 dengan anjing pelacak bernama Risto. Hadir dalam seterilisasi di Gereja Santa Perawan Maria adalah Kapolres AKBP Eko Sunaryo, Wakapolres Kompol Fadli, Kasat Samapta AKP Markotib, Kapolsek Purworejo AKP Bruyi Rohman, Danramil 01 Pwr Kapten Inf Noorcholiq serta Romo Paroki Gereja Santa Perawan Maria, Paulus Praptanda, MSC.

"Kegiatan hari ini adalah sterilisasi gereja bersama unsur TNI, pengurus Gereja (Santa Perawan Maria), Satpol PP bersama-sama kami melaksanakan sterilisasi. Kegiatan ini untuk memastikan misa dan ibadah Natal berjalan aman, tenang dan khidmat. Sterilisasi melibatkan Unit K-9 dan memakai metal detector serta mirror detector," terang Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo, Sabtu (24/12).

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa, di Kabupaten Purworejo terdapat 96 gereja. Sedangkan yang melaksanakan misa malam ini ada sekitar 47. Untuk pengamanan Nataru selama Operasi Lilin Candi 2023, total ada 360 personel gabungan terlibat.

Dari hasil sterilisasi tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan, sehingga umat Kristiani daoat mengikuti Misa Natal tahun 2023 dengan nyaman dan aman. "Kami mengucapkan Selamat Natal bagi seluruh Umat Kristiani. Silakan melaksanakan ibadah dengan tenang dan khidmat. Semoga Natal dan Tahun Baru 2024 mendatang penuh kedamaian," kata Kapolres.

Sementara itu, Romo Paroki Santa Perawan Maria, Paulus Praptanda, MSC menjelaskan bahwa, Misa Natal hari ini dilaksanakan dua kali. "Terima kasih atas dukungan dan keamanan dari aparat dan pemerintah agar ibadah Natal berjalan lancar. Untuk Figili Natal hari ini kami laksanakan 2x, pukul 18.00 WIB dan 20.00 WIB. Diperkirakan setiap misa diikuti oleh 400 umat. Besok (Minggu, 25/12) juga 2x misa. Total ada 4x misa," pungkas Romo Paulus.

 

163