Home Ekonomi Bupati Surya Promosikan UMKM Ke Belanda

Bupati Surya Promosikan UMKM Ke Belanda

Asahan, Gatra.com - Bupati Asahan, Sumatera Utara, Surya melakukan lawatan ke Belanda. Pihak Pemerintah Daerah setempat menyatakan, Bupati Asahan yang akan segera berakhir masa jabatannya itu saat ini sedang melakukan promosi produk UMKM ke negeri kincir angin.

Kadis Kominfo Pemkab Asahan, Syamsuddin menegaskan, keberangkatan Surya ke Belanda telah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri. "Tujuannya ke kantor Kedutaan Indonesia di Belanda," katanya baru-baru ini.

Pernyataan ini disampikannya terkait adanya rumor jika orang nomor satu di Asahan itu sedang melakukan plesiran ke luar negeri bersama rombomgan pejabat daerah.

Syamsuddin mengatakan, perjalanan dinas ke luar negeri Surya merupakan perjalanan resmi kedinasan. Surya berangkat ke Belanda atas undangan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), untuk masa lawatan selama 12 hari.

Sejak Kamis, pekan lalu (2/5), Surya sudah meninggalkan Tanah Air. Seluruh tugas-tugasnya sebagai kepala daerah diserahkan kepada Wakil Bupati Asahan, Taufik ZA sebagai pelaksana tugas.

Karena ini perjalanan dinas, ungkap Syamsuddin, seluruh biaya perjalanan dinas itu ditanggung dana APBD Asahan. "Perjalanan dinas Bupati Asahan itu menggunakan APBD, karena sudah dianggarkan," ujarnya.

Keberangkatan Surya ke Belanda juga didampingi sejumlah pejabat daerah, di antaranya Kabag Umum Setdakab Asahan, Adi Putra Pasaribu dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Asahan, Zainal Abidin Sinaga.

Bupati Asahan disebutkan juga membawa sejumlah produk UMKM dan buku Selayang Pandang (Buku profil monograf tentang kabupaten Asahan) untuk dipromosikan di kantor Kedutaan Indonesia di Belanda. 

236