Home Regional Kunjungi Cibuah, Ketua DPRD Banten Tinjau Keluhan Para Petani

Kunjungi Cibuah, Ketua DPRD Banten Tinjau Keluhan Para Petani

Jakarta, Gatra.com - Ketua DPRD Banten Andra Soni kunjungi puluhan petani dan warga yang ada di kampung Cibuah Masjid, Desa Cibuah Masjid, Kecamatan Warunggunung. Namun kali ini, kunjungan orang nomor satu di lingkungan di DPRD Banten itu menegaskan bahwa kegiatannya bukan untuk berkampanye menjadi calon Gubernur.

Dalam ngobrol santai itu, perwakilan petani, emak-emak dan Gen Z menyampaikan permasalahan yang sama. Menurut mereka, pemerintah harus memberikan solusi untuk memperbaiki sarana irigasi, akses jalan dan pendidikan.

Seorang tokoh masyarakat dari perwakilan Warga Cibuah, Engkos bercerita bahwa mayoritas di kampungnya banyak yang berprofesi petani. Kata Engkos, setiap kali menggarap sawah saat musim kemarau, para petani sering menggerutu sawahnya gagal panen akibat kekeringan.

"Ini yang menjadi persoalan utama menurut kami semua. Kami minta langsung saja agar irigasi di Lampung Cibuah diperbaiki agar saluran tidak bocor dan airnya bisa sampai mengaliri sawah, " kata Tokoh Masyarakat Kampung Cibuah, Engkos saat bercerita bersama puluhan warga dan ketua DPRD Banten, Andra Soni, Sabtu (15/6/2024).

Jika irigasinya tidak diperbaiki, puluhan hektare di kampungnya otomatis gagal panen. Karena air adalah yang paling utama dalam menanam padi.

"Sangat memohon agar ketua DPRD Banten yang sudah datang ke Kampung Cibuah untuk melihat kondisi irigasi dan kemudian menyampaikan ke Bupati, Gubernur atau Presiden," tuturnya.

Mendengar keluhan itu, Andra Soni mengaku apa yang menjadi keluhan dan kegelisahan para petani di Cibuah ini menjadi perhatiannya selama ia menjadi Ketua DPRD Banten.

"Insyaallah akan saya tindak lanjuti apa yang menjadi persoalan para petani di Cibuah," ucap Soni.

Kata Andra, masukan dan kunjungan ini sangat penting untuk saya sebagai wakil rakyat atau Ketua DPRD Banten dalam memberikan manfaat bagi warganya dalam membangun ekonomi di desa, karena menurutnya dia sebagai kader dari partai gerindra harus benar-benar memastikan program Prabowo Subianto presiden terpilih bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Untuk itu, saya hari ini ingin langsung mendengarkan dan menerima masukan dari warga tentang apa yang menjadi persoalan dan bisa menjadi manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi menuju Banten Maju dan Indonesia Emas," ucap Andra Soni pada saat melihat lokasi saluran irigasi di Kampung Cibuah.

69