Home Politik Pancasila Mutiara Yang Harus Digali

Pancasila Mutiara Yang Harus Digali

Tapanuli Utara, Gatra.com - Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Lia Kian menengaskan Pancasila adalah mutiara bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, upaya pemerintah menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat harus didukung.

Hal terebut diungkapkan Kian dalam dalam acara sosialisasi kebangsaan tentang Pancasila di Aula Kantor Bupati Taput, di Tarutung, Selasa (27/08). Kian memaparkan bahwa Pancasila adalah tonggak bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: BPIP Membumikan Pancasila Hingga ke Ujung Sumatera Utara

Menurut Kian, Indonesia semakin terarah dan mempunyai identitas sebagai bangsa yang besar. Karena itu, Pancasila harus terus di sosialisasikan agar dimengerti dan diamalkan oleh masyarakat.

"Kita dipercaya pemerintah dan akan senantiasa mempertahankan Pancasila. Karena itu, mari bersatu dalam mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya, di Aula Kantor Bupati Tarutung, Selasa (27/8).

Baca Juga: BPIP Akan Periksa Proses Sosialisasi Pancasila di TNI

Lia Kian, mengatakan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sebagai pandangan hidup maupun sebagai dasar negara sesungguhnya harus tetap melekat di kehidupan dan kegiatan masyarakat.

Senada dengannya, Bupati Taput, Nikson Nababan mengungkapkan bahwa pembinaan dan pengenalan Ideologi Pancasila harus dimulai dari usia dini. Melalui pendidikan formal terendah sampai tingkat mahasiswa.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Dikencingi, Begini Reaksi BPIP

Tujuannya agar Pancasila bukan sekedar hapalan tetapi harus diamalkan. "Pancasila lahir melalui pemikiran yang sangat dalam oleh Bung Karno sebagai salah satu pendiri Bangsa ini," katanya.

Reporter: Jon RT Purba

236