Home Politik Pimpinan DPRD DKI Definitif Akan Dilantik 14 Oktober

Pimpinan DPRD DKI Definitif Akan Dilantik 14 Oktober

Jakarta, Gatra.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah menetapkan waktu pelaksanaan pelantikan pimpinan definitif. Kelima pimpinan dewan akan diambil sumpahnya pada 14 Oktober mendatang.

"Jadi, hari ini kita sudah sepakati dan bahas. Paripurna untuk pengambilan sumpah jabatan akan dilakukan pada hari Senin pada 14 Oktober jam 16.00 WIB," kata Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Pantas Nainggolan di Gedung DPRD, Jakarta, Jumat (11/10).

 

Menurut Pantas, penetapan jadwal pelantikan disesuaikan dengan kesediaan pengadilan tinggi yang akan memimpin pengambilan sumpah janji jabatan. Dalam acara tersebut, nantinya akan ada serah terima jabatan dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif.

 

"Alat-alat kelengkapan nantinya akan dibahas oleh pimpinan definitif. [Alasannya] karena pimpinan itu juga salah satu alat kelengkapan, alat kelengkapan tertinggi lah," ujarnya.

 

Seperti diketahui, proses daftar nama pimpinan yang diusulkan partai cukup lama. Ia mengatakan, seharusnya anggota dewan telah dilantik sejak 26 Agustus lalu.

Komposisi kelima pimpinan tersebut antara lain, Prasetyo Edi Marsudi dari PDIP diproyeksikan untuk kembali menjabat sebagai Ketua DPRD periode 2019-2024. Mohamad Taufik juga ditunjuk kembali menjadi wakil ketua. Tiga nama lainnya yang juga akan menjabat sebagai wakil ketua antara lain, Abdurrahman Suhaimi yang di periode sebelumnya menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS, kemudian Misan Samsuri, dan Zita Anjani.

 

44