Home Hukum Takbiran Ditiadakan, Polres Inhu Tetap Siagakan Personel

Takbiran Ditiadakan, Polres Inhu Tetap Siagakan Personel

Indragiri Hulu, Gatra.com - Meski Pemerintahan Kabupaten (Pemkab)  Indragiri Hulu (Inhu) dan Kementrian Agama (Kemenag) sepakat untuk meniadakan pawai malam takbiran. Polres Inhu tetap menyiagakan personel untuk antisipasi kemanan ketertiban masyarakat (Khamtibmas) dan ketertiban lalu lintas.

Paur Humas Polres Inhu, Aipda Misran kepada Gatra.com mengatakan untuk antisipasi jika nantinya masyarakat tetap melakukan gawai malam takbiran sedikitnya 190 personel sudah disiagakan di masing-masing pusat kota dan perkantoran.

"Untuk mengantisipasi jika memang malam nanti masyarakat akan melakukan pawai maka kita sudah mempersiapkan personel untuk berjaga-jaga dan mengkawal agar berjalannya pawai itu dengan tertib," ungkap Misran.

Misran menjelaskan, selain sudah memyiagakan personel untuk prosesi pawai malam takbiran nanti pihaknya sudah memyiagakan personel untuk pengamanan saat proses shalat iduladha esok pagi. "Selain itu kita juga akan terkonsentrasi untuk pengamanan shalat iduladha esok," ujarnya.

Sebelumnya Plt Kabag Kesra Pemkab Inhu, Erguspian mengatakan bahwa untuk prosesi shalat iduladha pemkab Inhu tidak akan memfasilitasi meski demikian dari hasil rapat Pemkab bersama dengan Kemenag disepakati tidak akan melarang proses shalat Iduladha namun tetap mengacu pada protokol kesehatan.

"Untuk shalat Iduladha kita mempersilahkan warga untuk melakukan ibadanya di masing-masing masjid dan musholla dengan catatan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Berbeda dengan dengan pawai malam takbiran tetap ditiadakan," ungkapnya.

Erguspian menjelaskan, meski pemerintah sudah membuat surat edaran perihal ditiadakannya pawai malam takbiran namun jika masyarakat tetap melaksankannya dirinya menghimbau untuk tetap mengacu pada protokol kesehatan.

"Kalau warga tetap melakukan pawai malam takbiran itu diatas kuasa kita, meski secara administrasi kita sudah buat peniadaan kegiatan tersebut, kendati demikian kita himbau warga agar tetap melakukan protokol kesehatan," imbuhnya.

244