Home Kesehatan Kasus Positif dan BOR Menurun, Tempat Isoter Tetap Siaga

Kasus Positif dan BOR Menurun, Tempat Isoter Tetap Siaga

Purworejo, Gatra.com - Meskipun kasus aktif atau pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan Bed Occupancy Rate (BOR) di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah cenderung menurun, namun masih berada di level 4 PPKM Darurat. Meskipun angka menurun, akan tetapi tempat isolasi terpusat (isoter) Pemkab Purworejo di GOR Sarwo Edhie Wibowo tetap disiagakan.
 
Untuk memastikan tempat tersebut layak untuk isolasi bagi warga positif Covid-19, Bupati Agus Bastian didampingi oleh Kadinkes dr Sudarmi, Kasatpol PP Budi Wibowo, Kalak BPBD Sutrisno dan beberapa pejabat lainnya melakukan sidak. "Kami ingin memastikan pelayanan dan penanganan di tempat isoter bagaimana. Jika ada, kendalanya apa dan bagaimana solusinya. Kesiapan tempat isoter sangat penting dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini untuk menjaga penyebarannya tidak makin meluas," terang Bastian dalam rilis media.
 
Dengan berada du tempat isolasi terpusat, diharapkan pasien dapat terpisah dari keluarganya yang sehat sehingga tidak menularkan virus. "Isolasi mandiri di rumah tentu mempunyai resiko penularan yang lebih tinggi, khususnya bagi anggota keluarga yang serumah dan tetangga dekat. Oleh karena itu, kita dorong agar mau untuk dibawa ke tempat isoter ini agar mendapatkan penanganan dan pengawasan yang lebih intensif," kata Bastian.
 
Lebih lanjut dijelaskan, walaupun kasus aktif jauh menurun, namun diharapkan tidak membuat  kesiap siagaan pemerintah daerah dalam menangani pandemi menjadi nglokro. Saat ini yang banyak ditemukan adalah klaster keluarga, termasuk klaster hajatan pernikahan yang ironisnya justru mayoritas penyelenggaranya adalah kepala dan perangkat desa/ kelurahan. Padahal mereka seharusnya dapat menjadi teladan bagi warganya dalam menjalankan protokol kesehatan, sesalnya. 
 
Selain prokes, pemerintah terus menggenjot vaksinasi bagi masyarakat. "Vaksinasi Ini juga menjadi kunci menangani pandemi. Jangan ada penyetokan vaksin terlalu lama, ketika vaksin datang segera suntikkan agar lebih banyak masyarakat yang divaksin dan cepat tercapai herd imunity," tegasnya.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati Agus Bastian juga memberikan bantuan secara simbolis bagi nakes yang bertugas dan pasien yang isolasi di GOR Sarwo Edhie Wibowo.

 

1435