Home Kesehatan Target Vaksinasi Anak di Kupang Selesai Dua Minggu Kedepan

Target Vaksinasi Anak di Kupang Selesai Dua Minggu Kedepan

Kupang, Gatra.com - Capaian vaksinasi untuk anak remaja usia 12 sampai 17 tahun di Kota Kupang, NTT per 17 September 2021 mencapai 11 persen. Jumlah anak yang telah divaksin tercatat 4.412 orang.

“Sebanyak 4.412 anak di kota Kupang per 17 September 2021 telah menerima vaksin dosis pertama. Sudah mencapai 11 persen. Sementara untuk suntikan vaksinasi dosis kedua sebanyak 2.999 anak (7,48 persen),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg Retnowati (17/9).

Pelayanan vaksin bagi anak remaja jelas drg Retnowati ditargetkan akan selesai selama dua minggu kedepan. Serbuan vaksinasi dilaksanakan disekolah –sekolah sesuai juknis yang ada. 

“Target kami dua minggu kedepan vaksinasi untuk anak –anak remaja sudah tuntas. Karena yang menjadi sasaran vaksin terdata sebanyak 40.118 pelajar. Kami lakukan vaksinasi pada Pos –pos yang ada disetiap sekolah,” jelas drg Retnowati.

Saat ini lanjut drg Retnowati selain dilakukan pada pos –pos di setiap sekolah, semua Puskesmas yang ada di Kota Kupang dijadikan lokasi serbuan vaksinasi untuk pelajar.

“Kami melakukkan koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Kupang, agar selain dilaksanakan di sekolah, para pelajar juga bisa menerima vaksinasi baik dosis pertama dan kedua bisa dilakukan di Puskesmas terdekat sesuai lokasi tinggalnya. Ini untuk mendukung proses pembelajaran tatap muka ,” katanya.

Targetnya, kata drg Retnowati, setiap Puskesmas setiap hari dapat melayani vaksinasi terhadap 300 pelajar. Dengan catatan akan diatur sesuai protokol kesehatan dimana akan diatur dengan shift.

“Poses vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para pelajar akan diberi nomor urut. Untuk gelombang pertama 50 orang dimulai pukul 08.00 -09.00 Wita. Dilanjutkan gelombang kedua hingga selesai ,” kata drg Retnowati.

236