Home Kesehatan 2 Pasien Omicron Meninggal, Ternyata Ada yang Belum Divaksin

2 Pasien Omicron Meninggal, Ternyata Ada yang Belum Divaksin

Jakarta, Gatra.com – Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengungkapkan dari 2 pasien positif Omicron yang meninggal dunia, ada yang belum divaksin serta satunya lagi sudah divaksin tapi mempunyai komorbid lebih dari dua yang tak terkendali atau tak terkontrol.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI Erlina Burhan saat menjawab pertanyaan wartawan, via Zoom dalam konferensi pers terkait “Perkembangan Terkini Kasus COVID-19 Varian Terbaru Omicron” pada Senin, (24/1).

“Oleh sebab itu, yang perlu kita waspadai saat ini adalah segera vaksin ya. Karena tadi kita berkaca dari kasus yang meninggal, belum divaksin satu, yang kedua walaupun sudah divaksin, ada komorbid,” kata Erlina.

“Jadi, kalau anda belum divaksin, segeralah menjalani vaksinasi,” imbuhnya.

Sementara, Erlina menyebut jika ada yang memiliki komorbid atau lanjut usia (lansia) dan gejala-gejalanya mengarah ke Omicron. Seperti nyeri tenggorokan, batuk, lemah, atau pilek, untuk segera memeriksakan diri.

“Dan kalau terkonfirmasi positif, saya sarankan ini bagi yang lanjut usia dan juga yang komorbid, saya kira ini juga kesepakatan di PDPI, sebaiknya dirawat,” tambahnya.

57