Home Liputan Haji Tahun ini Jamaah Haji Sri Lanka Naik 300 Persen

Tahun ini Jamaah Haji Sri Lanka Naik 300 Persen

Kolombo, Gatra.com - Kloter pertama jamaah calon haji Sri Lanka sebanyak 60 orang berangkat dari Kolombo, Minggu (4/5) pagi. Mereka bagian dari lebih dari 3500 orang jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini.

Dengan keputusan pemerintah Arab Saudi untuk kembali ke pengaturan pra-pandemi, jumlah jamaah Sri Lanka meningkat lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pada 2022, ditengah-tengah pandemi dan krisis finansial paling parah sejak negara ini merdeka tahun 1948, jumlah jamaah yang berangkat ke Mekkah hanya 960 orang.

Tahun ini, Arab Saudi awalnya menyetujui kuota haji 3.500 untuk Sri Lanka dan kemudian menambahkan lebih dari 100 lagi.

“Tahun ini, 3.500 jemaah haji dari Sri Lanka menunaikan ibadah haji. Mereka semua berharap dan berdoa agar Sri Lanka pulih dari krisis ekonomi saat ini, dan untuk perdamaian, keharmonisan, dan persatuan di antara semua komunitas di Sri Lanka,” Ibrahim Sahib Ansar, yang mengawasi logistik haji di Kementerian Agama, mengatakan kepada Arab News.

“Keyakinan agama telah menjadi kuat di kalangan Muslim Sri Lanka. Kesenjangan tiga tahun dalam menunaikan ibadah haji juga membuat keinginan umat Islam Sri Lanka menjadi teguh dan kuat.”

Sebagian besar jemaah berusia di bawah 50 tahun dan sekitar 35 persen dari mereka adalah perempuan, kata Ansar.

Karena tidak ada penerbangan langsung dari Kolombo ke Jeddah, warga Sri Lanka akan terbang melalui ibu kota Timur Tengah dengan Emirates Airlines, Qatar Airways, Gulf Air, dan Oman Air.

Menteri Luar Negeri Ali Sabry, yang membantu menegosiasikan kuota haji tambahan Sri Lanka tahun ini, mengatakan beberapa tahun terakhir telah menjadi “perjuangan” bagi warga Sri Lanka.

“Itu adalah urusan yang sangat sulit bagi warga Sri Lanka, tetapi kami senang semuanya telah kembali normal,” kata Sabry kepada Arab News.

“Kami senang Muslim Sri Lanka menjalankan hak beragama mereka dengan sangat bangga dan bermartabat dalam melakukan ziarah ke kota-kota suci".

Islam menjadi agama minoritas di Sri Lanka. Ditengah dominanasi mayoritas Budha, populasi muslim di negara itu kurang dari 10 persen.

103