Home Politik Kedekatan dengan Jokowi Beri Dampak Kenaikan Elektoral Signifikan Bagi Prabowo

Kedekatan dengan Jokowi Beri Dampak Kenaikan Elektoral Signifikan Bagi Prabowo

Jakarta, Gatra.com - Kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin membuka potensi besar kenaikan signifikan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Imbasnya tingkat elektabilitas Prabowo kian melesat tinggalkan kandidat lain.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate, Ari Nurcahyo mengatakan kedekatan Prabowo dengan Presiden Jokowi kian mengokohkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu. Kebersamaan keduanya dinilai bukan sekadar kedekatan biasa.

“Intinya Prabowo menggunakan ruang publik sebanyak-banyaknya untuk menempel Pak Jokowi,” kata Ari melalui keterangannya, Jumat (28/7).

Kedekatan Prabowo dan Presiden Jokowi belakangan ini kerap mengundang praduga bagi rakyat Indonesia. Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo dan Presiden Jokowi seringkali terlihat berdampingan di beberapa acara kenegaraan.

Seperti belakangan ini, kala Presiden Jokowi dan Prabowo melakukan kunjungan ke Jawa Timur (Jatim). Presiden Jokowi turut serta mengajak Prabowo berkunjung ke pasar tradisional Bululawang di Kabupaten Malang. Tak cukup sampai disitu, keduanya juga mengunjungi pabrik PT Pindad.

Oleh karena itu, Ari meyakini kedekatan Presiden Jokowi dan Prabowo dilihat oleh para relawan Jokowi pada 2019. Memberikan sinyal orang nomor satu di Indonesia itu memberikan sinyal mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang.

“Karena memang Pak Prabowo ingin mengambil porsi besar dari pemilih Pak Jokowi di 2019,” ungkap Ari.

Berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1—8 Juli 2023, Prabowo berhasil mendapat raihan elektabilitas tertinggi. Prabowo mengantongi raihan dukungan sebesar 35,8 persen.

82