Home Nasional Dor! TNI Tembak Mati Tiga Kombatan Egianus Kogeya, TPNPB Umumkan Duka Nasional

Dor! TNI Tembak Mati Tiga Kombatan Egianus Kogeya, TPNPB Umumkan Duka Nasional

Ndugama, Gatra.com- TNIPolri menembak mati tiga anggota komplotan sparatis Papua Merdeka. Kelompok yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) itu digerebek TNI langsung ke markasnya di Ndugama, Kabupaten Nduga, Papua. "TPNPB umumkan duka nasional," kata jurubicara TPNPB, Sebby Sambom, 02/09.

Kombatan yang ditembak mati merupakan anggota TPNPB- Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Kodap III Ndugama-Darakma di bawah pimpinan Egianus Kogeya. Komandan batalion Alguru, Armi Tabuni melaporkan bahwa pihak musuh menyerang pos Matoa malam hari pada 1 September 2023, jam 03.00 WIT subuh hari. "Membuat pasukan saya, dua (tiga, red) orang korban," kata Tabuni.

Pihak TNI menggunakan granat peletus sehingga dua pasukan saya itu terbakar bersama dengan Pos Matoa Batalion Alguru. "Satu lainnya ditangkap, hidup atau mati kami belum bisa memastikan," tambahnya.

Identitas kombatan yang tewas:
1. Ganti Gwijangge.
2. Werak Lokbere.
3. Arikheba Kogeya.

"Saya bersama pasukan lain cek langsung. Memang bekas kaki pihak TNI/Polri dari Alguru menuju kota kabupaten Nduga. Sudah menyeberangi sungai Keneyam," katanya.

"Saya selama ini hargai rakyat Nduga, namun hari ini masyarakat Nduga dari Keneyam bawah kasih jalan sampai pasukan saya tiga orang korban di tangan TNI/Polri. Maka mulai hari ini sampai seterusnya, kami akan tidur bangun sama-sama di Keneyam. Masyarakat dilarang keras naik truk ke wilayah batas batu. Tidak boleh lalu lalang," kata Tabuni.

"Kami sudah sampaikan bahwa bawa TNI-POLRI, Bupati, PNS, ASN, adalah musuh target kami. Itu kami sudah umumkan dan hari ini kami tidak hitung masyarakat," katanya.

"Satu pasukan saya yang ditangkap itu segera kasih tahu saya. Apakah kalian sudah bunuh atau masih hidup? Segera kasih tahu saya keberadaan dia. Kalau tidak, saya akan tutup mata di ibu kota Keneyam," tutupnya.

4232