Home Hukum Pasukan Perdamaian FPU 4 Minusca Dapat Penghargaan Satyalancana Bhakti Buana dari Presiden Jokowi

Pasukan Perdamaian FPU 4 Minusca Dapat Penghargaan Satyalancana Bhakti Buana dari Presiden Jokowi

Jakarta, Gatra.com - Pasukan perdamaian kontingen Garuda Bhayangkara Satgas Formed Police Unit (FPU) 4 Minusca mendapatkan penghargaan kehormatan Satyalancana Bhakti Buana dari Presiden Jokowi. Pasukan itu menerima penghargaan setelah menyelesaikan misi perdamaian internasional.

Penghargaan itu disematkan oleh Wakapolri Komjen Agus Andrianto, yang mewakili Kapolri Jenderal Listro Sigit Prabowo, di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Penganugerahan diberikan sesuai dengan Keppres Nomor 93/TK/2023, yang ditetapkan pada 19 September 2023. 158 anggota polisi yang mendapat penghargaan itu yakni 140 anggota FPU 4 dan 18 orang Individual Police Officer (IPO).

"Atas nama institusi Polri saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian terbaik yang rekan-rekan tunjukkan di kancah internasional," kata Agus dalam amanatnya dihadapan pasukan FPU 4 dan IPO.

Dalam amanatnya Agus juga menyampaikan apresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas keterlibatan Polri dalam menjaga perdamaian dunia. Karena itu, Jokowi memberikan lencana kehormatan Satyalancana Bhakti Buana kepada para peacekeeper Polri tersebut.

"Bapak Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia bangga berkontribusi terhadap perdamaian dan keamanan dunia. Misi pemeliharaan perdamaian adalah mandat dari konstitusi Indonesia sebagai manifestasi kontribusi Indonesia ke dunia untuk menciptakan reputasi negara dan bangsa yang baik," ungkap Agus.

"Pada kesempatan yang baik ini pula negara memberikan penghargaan Satyalancana Bhakti Buana kepada para peacekeeper Polri yang telah menunjukan disiplin dan tanggung jawab tinggi serta berjasa dalam melaksanakan tugas kepolisian internasional di luar negeri," lanjutnya.

Menutup amanatnya, Mantan Kabareskrim Polri itu mengucapkan selamat atas selesainya misi yang dilakukan. Dia juga berpesan agar anggota yang menerima lencana kehormatan untuk memberikan pengabdian terbaiknya untuk Indonesia.

"Teruslah kembangkan kapasitas di tempat bertugas jadikanlah polisi yang memberikan solusi atas peemasalahan yang dihadapi masyarakat dan cintailah masyatakat untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responbilitas, transparasi, berkeadilan," tuturnya.

"Selamat datang kembali di Tanah Air, selamat bergabung kembali di kesatuan masing-masing, serta teruslah memberikan pengabdian dan karya terbaik untuk masyarakat dan bangsa," pesannya.

Setelah memberi amanat, Agus menyematkan lencana dan memberikan ucapan selamat kepada perwakilan anggota Polri.

Sebagai informasi, Pasukan FPU 4 Indonesia telah melaksanakan misi perdamaian di Bangui, Republik Afrika Tengah setelah bertugas selama satu tahun. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pelepasan pasukan perdamaian itu pada (6/9) lalu.

Sementara Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas FPU 5 Minusca telah dilepas pada Selasa (19/9) lalu. Pasukan tersebut bakal melanjutkan tugas misi perdamaian pasukan FPU 4 di Bangui, Afrika Tengah.

39