Home Pemilu 2024 TKN Tanggapi Pernyataan Hasto Sebut Prabowo-Gibran Cerminan Jokowi Tiga Periode

TKN Tanggapi Pernyataan Hasto Sebut Prabowo-Gibran Cerminan Jokowi Tiga Periode

Jakarta, Gatra.com- Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Hasto Kristiyanto yang beranggapan bahwa pasangan Prabowo-Gibran merupakan cerminan tiga periode presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil ketua TKN Prabowo-Gibran Ahmad Muzani beranggapan bahwa secara tidak langsung pernyataan Hasto sama saja dengan merendahkan Jokowi.

“Yang dikemukakan oleh Hasto itu kan upaya untuk mendowngrade (merendahkan) Pak Jokowi karena diharapkan efeknya akan terjadi downgrade (merendahkan) pada pasangan 02 Prabowo-Gibran maka, mas Hasto membuat sebuah pemikiran bahwa ini seolah-olah Jokowi terusan periode ketiga kan begitu,” kata Muzani ditemui di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, (25/1).

Dikatakan Muzani pernyataan Hasto seolah-olah ingin Jokowi melenggangkan kekuasaannya untuk tiga periode masa jabatannya sebagai presiden. Padahal, lanjutnya, Prabowo yang sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan juga Capres 02 selalu menggaungkan keberlanjutkan program Jokowi.

"Dalam banyak kesempatan oleh Pak Prabowo bahwa beliau akan melanjutkan semua kebijakan yang baik dari Pak Jokowi itu jelas sebagai sebuah tema besar kami," katanya.

"Dan itu dikemukakan oleh kami oleh Prabowo oleh Mas Gibran, oleh setiap juru bicara dan setiap juru kampanye kami, tetap ini kan hal yang berbeda, Pak Jokowi akan mengakhirinya sebagai seorang presiden tanggal 20 Oktober 2024," katanya.

Muzani menegaskan bahwa pernyataan Hasto soal upaya tiga periode lewat Prabowo-Gibran adalah tidak mendasar. Kata dia, hal itu merupakan upaya untuk mendowngrade Jokowi.

"Jadi upaya itu menurut saya sebagai sebuah upaya untuk mendowngrade Pak Jokowi karena ada kekhawatiran yang amat, dan menurut saya tidak berdasar," pungkas dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai tidak adanya larangan kepala negara ikut berkampanye menjadi wujud nyata ambisi tiga periodenya yang terhalang oleh aturan konstitusi. Menurutnya, pernyataan tersebut juga telah menimbulkan sentimen negatif di tengah masyarakat.

“Dengan ketegasan Pak Jokowi untuk ikut kampanye, artinya menjadi manifestasi tidak langsung dari ambisi kekuasaan tiga periode,” kata Hasto di Jakarta, Kamis (25/1)

Di samping itu, Hasto juga mengatakan pernyataan Jokowi tidak terlepas dari dukungannya terhadap pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ia menyebut pasangan capres dan cawapres tersebut menjadi bentuk cita-cita tiga periode Jokowi yang ditentang oleh PDIP.

“Apa yang disampaikan Pak Jokowi akhirnya membuktikan bahwa pasangan Prabowo-Gibran merupakan cermin Jokowi tiga periode yang selama ini ditolak oleh PDI Perjuangan bersama seluruh kelompok pro demokrasi, para budayawan, cendekiawan dan juga kekuatan yang berjuang menjaga konstitusi,” jelasnya.

17