Home Politik DPP Beri Sinyal Kader Demokrat Maju Cagub, PAN Riau: Rekomnya Ada Dua

DPP Beri Sinyal Kader Demokrat Maju Cagub, PAN Riau: Rekomnya Ada Dua

Pekanbaru, Gatra.com - DPP PAN merekomendasikan Muhammad Nasir sebagai bakal calon Gubernur Riau 2024. Nasir merupakan kader Partai Demokrat yang menjabat anggota DPR RI.

Surat rekomendasi DPP PAN Nomor 228/PILKADA/V/2024 untuk Muhammad Nasir sebagai Calon Gubernur Riau periode 2024-2029 telah beredar luas.

"Surat rekomendasi DPP PAN untuk Pak Nasir yang beredar itu benar. Itu rekomendasi dari DPP. Tapi perlu dicatat, itu baru rekomendasi, belum SK penetapan. Bisa saja nanti Pak Nasir yang dapat SK maju Pilkada Riau dari PAN, atau yang calon lain," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Riau, Fairus menjawab konfirmasi Gatra.com pada Senin (27/5).

Fairus mengaku, surat rekomendasi dari DPP PAN tidak hanya dikeluarkan untuk Muhammad Nasir. Melainkan juga ada untuk Irvan Herman Abdullah sebagai bakal calon Wakil Gubernur Riau.

"Rekomendasi tidak hanya untuk satu orang. Tapi ada juga ke kader PAN, Irvan Herman sebagai bakal calon Wakil Gubernur Riau," tegasnya.

Dalam surat rekomendasi itu juga disebutkan bahwa Muhammad Nasir diminta agar mencari pasangan calon Wakil Gubernur Riau dan mendapatkan koalisi partai politik lain untuk memenuhi persyaratan pencalonan.

Menurut Fairus, dukungan dari partai lain memang dibutuhkan. Sebab PAN tidak bisa mengusung calon sendiri. Perolehan kursi PAN di DPRD Riau hasil Pileg 2024 hanya 5 kursi, atau belum mencukupi syarat minimal mengusung calon 20 persen dari 65 total kursi di DPRD Riau.

"Kalau tak salah saya, yang bersangkutan juga harus melakukan survei yang dibiayai sendiri. Intinya, surat rekomendasi DPP PAN untuk Muhammad Nasir benar," pungkasnya.

141