Home Politik BPIP : Penanaman Ideologi Pancasila Dapat Dilakukan Dengan Banyak Cara

BPIP : Penanaman Ideologi Pancasila Dapat Dilakukan Dengan Banyak Cara

Jakarta, Gatra.com - Plt Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya sosialisasi pancasila sebagai ideologi negara melalui berbagai macam cara. Sosialisasi tidak melulu dilakukan secara verbal dengan istilah pancasila.

"Hakikat pancasila adalah gotong royong. Berarti jika kita ingin memperbaiki lingkungan kita, yang dibutuhkan adalah kebersamaan," ujarnya dalam acara Forum Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

Ia menambahkan, masih banyak masyarakat di daerah-daerah yang menolak ideologi pancasila dan berpegang pada keyakinan agamanya. Oleh karena itu, penanaman ideologi pancasila dapat dilakukan dengan cara lain.

"Salah satunya menggunakan media seni sebagai pintu masuk sosialisasi nilai-nilai kebangsaan pada umumnya dan pancasila khususnya," jelasnya.

Penanaman ideologi pancasila, lanjutnya, harus dilakukan secara indoktrinatif. Pancasila bukan hanya sebagai ideologi bangsa, tapi sebagai ideologi masa depan.

"Kita harus membangun mindset positif kepada mssyarakat. Contohnya, cerita-cerita rakyat seharusnya bukan hanya sekedar memaparkan apa yang terjadi tapi memberikan suatu adaptasi moral bangsa," ungkapnya.

1935