Home Ekonomi Pemkab Siak Optimis Serapan APBD 2019 Capai 97 Persen

Pemkab Siak Optimis Serapan APBD 2019 Capai 97 Persen

Siak, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak optimis kalau serapan APBD 2019 akan mencapai 97 persen. Optimisme ini muncul setelah menengok serapan anggaran perbulan yang menunjukkan trend positif.

Data yang diperoleh Gatra.com, untuk fisik, realisasi anggaran daerah pada Oktober sudah di angka 77,62 persen. Lalu keuangan sudah 53,83 persen. Ini berarti duit yang sudah dihabiskan telah mencapai sekitar Rp1,4 triliun dari total anggaran tahun ini sekitar Rp1,9 triliun.

"November ini belum dihitung. Tapi angka tadi ada peningkatan dibanding September lalu yang masih di angka 73 persen," kata Alfedri kepada Gatra.com, Jumat (22/11).

Alfedri menyebut, realisasi anggaran akan terus berjalan lantaran semua tahapan pelaksanaan program kegiatan masih berproses. Dalam bulan ini malah masih ada kegiatan yang tahap pembuatan kontrak.

"Kendala di beberapa OPD juga ada. Misalnya di Dinas Lingkungan Hidup. Pengadaan mobil batal dilelang. Batal lantaran tak ada rekanan yang mau ikut lelang. Padahal sudah dua kali lelang ulang," katanya.

Dari semua OPD kata Alfedri, serapan anggaran yang paling rendah ada di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang realisasi fisik baru di angka 65 persen dan keuangan 43,79 persen.

"Yang paling tinggi itu di Distransnaker dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah. Kedua dinas ini realisasi fisiknya sama-sama 84.78 persen. Sementara keuangan, Distransnaker 56,25 persen, Badan Kepegawaian 66,43 persen," terang Ketua PAN Siak ini.


Laporan: Sahril Ramadana

 

228