Home Kebencanaan Masuk Kota New Normal, Wali Kota Palembang Sudah Siap

Masuk Kota New Normal, Wali Kota Palembang Sudah Siap

Palembang, Gatra.com – Palembang merupakan salah satu kota yang masuk dalam daftar 25 kota yang akan menjalankan new normal ditengah pandemi Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia. 

Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyambut baik. Apalagi saat ini Kota Palembang sudah siap untuk menjalani new normal. 

“Tingkat kepatuhan masyarakat di Kota Palembang sudah cukup tinggi sejak diberlakukannya intruksi Wali Kota Palembang dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” katanya usai meninjau checkpoint di Dermaga Bawah Jembatan Ampera, Rabu (27/05).

Dia menyebut jika saat ini sangat sulit ditemui warga yang tidak menggunakan masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD). Bahkan, untuk mencari 10 orang yang tidak mengenakan masker pun sangat sulit. Artinya, masyarakat mulai patuh dan memahami protokol kesehatan dengan menggunakan masker jika berada di ruang publik.

Harnojo mengatakan selain tingkat kesadaran menggunakan masker mulai tampak, saat ini tingkat kesadaran akan kebersihan masyarakat juga meningkat seperti membiasakan mencuci tangan usai beraktivitas diluar rumah maupun di dalam rumah. Begitupun saat berinteraksi menjaga jarak.

“Jadi, Palembang ini sudah siap untuk new normal,” katanya.

Ia menambahkan, new normal ini merupakan fase kehidupan dimana public menjalankan aktivitas seperti biasa secara normal. Namun, tetap mengedepankan protokol kesehatan. Mengingat, saat ini belum dapat diprediksi kapan wabah COVID-19 ini dapat berakhir. Apalagi, belum ditemukan vaksin atau antivirus COVID-19.

Dia meminta masyarakat untuk tetap mejalankan pola hidup sehat, dan membiasakan menjaga kebersihan usai beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah. Dengan begitu masyarakat ikut juga membantu pemerintah dalam memutuskan penyebaran virus ini.

“Jadi jaga diri kalian dan jaga juga keluarga kalian, jangan sampai ikut tertular,” katanya.

372

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR