Home Gaya Hidup BPIP Tanamkan Pancasila Melalui Animasi Lorong Waktu Si Aa

BPIP Tanamkan Pancasila Melalui Animasi Lorong Waktu Si Aa

Jakarta, Gatra.com - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus berupaya membumikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada berbagai kalangan, termasuk generasi muda atau lebih dikenal denan sebutan kaum milenial.

Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, di Jakarta, Selasa (15/12), mengatakan, untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial, pihaknya menggunakan film animasi "Lorong Waktu Si Aa" hasil kerja sama dengan Rans Entertainment .

Menurutnya, animasi ini dipilih untuk mewujudkan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila. Melalui film animasi, anak-anak hingga kaum milenial lebih mudah memahami dan menerapkannya dalam kehidupan.

"Saya kebetulan punya dua orang cucu. Keduanya sangat suka menonton animasi, jadi tentu saya senang dengan adanya animasi "Lorong Waktu Si Aa", selain anak terhibur juga mendapat pengetahuan tentang nilai-nilai luhur Pancasila," kata Yudian.

Film animasi "Lorong Waktu Si Aa" menceritakan tentang petualangan Rafathar (Aa) menembus ruang dan waktu untuk melihat langsung sejarah dan budaya yang ada di berbagai daerah Indonesia.

Pemilik Rans Entertainment, Raffi Ahmad, optimististis, animasi "Lorong Waktu si Aa" ini efektif bagai anak-anak hingga kaum milenial dalam memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Menurutnya, melalui film animasi "Lorong Waktu si Aa" ini membuat anak atau generasi milenial mempelajari sejarah, budaya, dan adat istiadat yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

"Di animasi itu ceritanya Rafathar bisa pergi ke Bandung belajar tentang budaya dan sejarah Jawa Barat. Terus bisa pergi lagi ke Sumatera untuk pelajari ada apa saja di sana, bahkan bisa pergi ke tahun 1945 untuk tahu sejarah kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Menurut Raffi, animasi ini bakal tayang secara berseri mulai tanggal 19 Desember 2020 di semua platform digital Rans. Ke depannya, tak menutup kemungkinan animasi Lorong Waktu si Aa akan tayang di televisi swasta.

"Untuk sekarang akan tayang di digital, tapi sebenarnya bisa jadi nanti tayang di Tv juga. Soalnya, stasiun Tv yang sekarang nayangin animasi Si Aa tertarik juga," katanya.

Bukan hanya animasi, lanjut Raffi, pihaknya juga akan menggelar lomba terkait Pancasila. Lomba ini bisa bersifat perorangan ataupun keluarga. Mereka membacakan teks Pancasila dan memakai pakaian adat suatu daerah.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR, Doli Kurnia, mengatakan, mendukung berbagai upaya membumikan atau menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak.

"Kami dukung upaya membumikan Pancasila sejak dini di masyarakat, untuk menguatkan kecintaan generasi muda terhadap NKRI," kata Doli.

282