Home Ekonomi Pemkab Kupang Tuan Rumah Launching Mobil Uji Keliling

Pemkab Kupang Tuan Rumah Launching Mobil Uji Keliling

Kupang, Gatra.com- Kementerian Perhubungan RI Selasa 22 Juni 2021 melaunching mobil uji keliling di Kabupaten Kupang, NTT. Mobil uji / kir keliling bantuan Kementrian Perhubungan yang dipasang tidak tetap (non statis) ini akan dimanfaatakan untuk pelaksanaan uji berkala mobil di Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), Belu dan Malaka.

“Bantuan mobil uji, kir keliling ini diharapkan membantu mengatasi kendala terkait masih banyaknya pelaksana uji berkala kendaraan bermotor milik Pemerintah Daerah yang belum terakreditasi,” kata Direktur Sarana Informasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Ir. Mohamad Risal Wasal.

Dengan rendah hati Mohamad Risal menyatakan ada perasaan malu, karena bantuan mobil uji keliling ini cuma satu saja. “Sesunguhnya ada perasaan malu, karena hanya bisa membantu satu unit mobil sahja. Walau hanya satu unit saja, saya harapkan lima Kabupaten di Timor Barat NTT ini dapat mengoptimalkan mobil ini sebaik mungkin. Tentunya harus tetap berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIII Provinsi NTT,” jelas Mohamad.

Sementara itu Bupati Kupang, Korinus Masneno mewakili empat Bupati lainnya di daratan Timor mengapresiasi pihak Kementrian Perhubungan atas bantuan mobil uji, kir keliling ini. “Kami mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih. Bantuan mobil uji kir ini sangat membantu. Selama 45 hari berada di Kabupaten Kupang selanjutnya dan selanjutnya akan digunakan oleh Kabupaten TTS, TTU, Belu dan Malaka,” kata Korinus Masneno.

Lebih lanjut Korinus mengatakan sesuai ketentuan Undang-Undang No 22 Thn 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan setiap kendaraan bermotor khususnya kendaraan niaga yang dioperasikan di jalan, wajib dilakukan pengujian secara berkala. “Dan kehadiran mobil bantuan kementrian ini tentunya sangat membantu kendala yang selama ini kami hadapi ,” jelas Korinus.

104