Home Regional Puncak Libur Natal 2023, Ratusan Kendaraan Melintas di Jalan Daendels

Puncak Libur Natal 2023, Ratusan Kendaraan Melintas di Jalan Daendels

Purworejo, Gatra.com - Arus kendaraan yang melintas di Jalan Daendels Purworejo, Jawa Tengah, saat puncak libur Natal tahun 2023 terpantau normal. Tak ada kepadatan atau kemacetan yang terjadi akibat lonjakan arus balik.

Kepala Pos Pengamanan Terpadu Operasi Lilin Candi 2023 di Desa Geparang, Kecamatan Purwodadi, Iptu Yougo, menjelaskan bahwa arus lalin pada Senin (25/12/2023), meningkat. Namun bukan arus balik dari arah Jogja (timur) ke Jakarta (barat), melainkan masih sama, banyak kendaraan dari barat ke timur.

"Arus lalin di Jalan Daendels, Senin (25/12) sangat meningkat. Hari ini tambah ramai dan masih lancar. Mereka [para pengemudi] banyak yang menuju ke Jatimalang [Pantai Dewaruci di Desa Jatimalang]. Jadi kepadatan biasanya ada di wilayah pantai," kata Iptu Yougo di Pospam Terpadu Operasi Lilin Candi 2023 di Desa Geparang.

Ia melanjutkan, kendaraan yang melintas di Jalan Daendels depan Pospam terpadu masih didominasi oleh kendaraan pribadi ke arah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Untuk arus balik menurut Iptu Yougo, masih bisa dibilang sepi.

"Kalau di [Pantai Dewaruci]Jatimalang biasanya ramai saat sore, karena pengunjung akan ke luar [pulang]. Di sana juga ada Pos Pengamanan objek wisata yang terdiri dari TNI, Polri, TNI AL," kata Iptu Yougo.

Ia menjepaskan, dari data pantauannya, jumlah mobil yang melintas ke arah DIY pada Senin doperkirakan mencapai 400 armada. Sedangkan jumlah kendaraan roda dua (sepeda motor) diperkirakan mencapai 350 motor.

Untuk rest area dan rumah makan di sepanjang Jaoan Daendels yang banyak dikunjungi untuk beristirahat adalah RM Setia Farm di Desa Depok, Kecamatan Ngombol. Selain itu, rest area di Desa Wonoroto, Kecamatan Ngombol; RM Lorong Mahoni di Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi; dan rest area di Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag.

103