Home Olahraga Lari Sedang Diminati, Bhayangkari Gelar Kemala Run 2024

Lari Sedang Diminati, Bhayangkari Gelar Kemala Run 2024

Jakarta, Gatra.com – Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari menggelar Kemala Run 2024 yang akan dilaksanakan pada Minggu, (9/6). Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kepada olahraga nasional.

Ketua Panitia Kemala Run 2024, Winta Wahyu Widada, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menggalakkan olahraga, khususnya lari. Sebab, saat ini marathon tengah banyak diminati masyarakat.

"Jadi, khususnya ini kita untuk keluarga besar Polri, untuk Bhayangkari khususnya Polwan dan tentunya untuk pecinta lari di masyarakat umum semua, jadi kita ajak untuk bersama-sama," ujar Winta dalam konferensi pers Kemala Run 2024 di Gedung Bhayangkari, Jakarta Selatan, Selasa, (4/6).

Winta menyebut ada sejumlah kategori yang dilombakan pada Kemala Run 2024. Seperti half marathon, 21 km, 10 km, dan 5 km. Kemudian, lomba lari kategori kids dash dengan jumlah 100 peserta. Kategori lomba untuk pelari cilik ini yaitu 100 meter, 200 meter, dan 300 meter.

"Sehingga, ini bisa mengajak anak usia dini adik-adik kita untuk cinta kepada olahraga sejak dini," ujar istri Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada ini.

Selain itu, ada pula kategori non-lomba untuk disabilitas. Nanti ada tujuh pemenang di setiap kategori dengan hadiah yang istimewa. Seperti lima unit sepeda motor dan sekitar 12–13 sepeda.

Lebih lanjut, Winta menyebut Kemala Run 2024 ini akan diselenggarakan di Ice BSD, Tangerang pada Minggu, (9/6). Lokasi ini dinilai ideal karena infrastruktur sangat memadai, lingkungan asri yang memberi suplai oksigen untuk aktivitas fisik, dan akses yang relatif mudah dari Jakarta.

Winta menyebut jalur lomba juga telah tersertifikasi secara internasional oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

Menurutnya, lomba lari ini akan diikuti oleh 10 ribu peserta yang terdiri dari para atlet nasional dan internasional, pecinta olahraga lari, komunitas lari dan keluarga besar Polri dari seluruh Indonesia.

Masyarakat disebut antusias mengikuti Kemala Run 2024. Hal itu diketahui dari slot lomba telah terjual 100 persen. Mereka yang mendaftar tergabung dalam 35 pelari internasional dari 9 negara berbeda dan puluhan komunitas lari yang berbeda.

"Lomba lari bukan hal yang spele, terutama yang dilakukan di Indonesia dengan kondisi iklim tropis. Harus diawali dengan fisik dan mental yang kuat. Latihan rutin dan konsisten sebelum lomba mutlak dibutuhkan supaya bisa menaklukkan medan Kemala Run 2024," ujarnya.

Winta mengatakan, dalam Kemala Run 2024 juga ada usaha mikro kecil menengah (UMKM), baik dari polres atau binaan Bhayangkari, maupun dari masyarakat umum. Bhayangkari tidak menutup kemungkinan menggelar Kemala Run tahun depan di kota lain, bila kegiatan tahun ini berhasil.

"Supaya kita bisa menggalakkan pariwisata di kota lain dan mengangkat UMKM lokal di daerah selain Jakarta," pungkas dia.

Race Director Kemala Run 2024, Pandu Bagus Kuntara, menambahkan, lomba lari ini sifatnya fun. Namun, keamanan telah disiapkan dengan matang, seperti penutupan jalan dilakukan di area marathon dan memisahkan lajur lomba dengan lajur kendaraan.

Kemala Run 2024 disebut juga ada dukungan sarana untuk mengantisipasi kepadatan di jalanan. Seperti 3.500 kerucut jalan atau cone, serta directional signs, khusus untuk pelari akan ada 100 directional signs dan 150 untuk kendaraan umum.

"Supaya, semua terayomi agar semua terjaga sepanjang lomba. Ada pula pengamanan dari Polres Tangerang Selatan dan Tangerang Kota sebanyak 800 personel. Insyaallah event ini akan aman dan nyaman," kata Pandu.

67