Home Olahraga Juara! Bojan Hodak Takjub dengan Perkembangan Permainan Persib

Juara! Bojan Hodak Takjub dengan Perkembangan Permainan Persib

Bangkalan, Gatra.com - Prestasi Persib Bandung yang baru saja memenangkan gelar juara BRI Liga 1 2023/24 sangat dipengaruhi oleh kontribusi penting pelatih kepala, Bojan Hodak. Tanpa diragukan lagi, pelatih asal Kroasia ini memainkan peran kunci dalam kesuksesan Persib musim ini.

"Pertandingan yang sulit. Madura United berusaha untuk mencetak gol di awal-awal laga, tapi pertahanan kami bekerja dengan sangat baik," kata Bojan.

Bojan pun senang tim asuhannya bisa keluar dari tekanan dan mencetak gol. Menurutnya, gol Persib bisa bertambah andaikan setiap peluang dimaksimalkan.

"Di babak kedua, kami tampil mendominasi. Kami punya beberapa peluang bahkan bisa mencetak lebih banyak gol. Tapi yang terpenting adalah untuk menang," ungkap Bojan.

Bojan Hodak resmi ditunjuk sebagai pelatih Persib pada 25 Juli 2023, menggantikan Luis Milla yang sebelumnya mengundurkan diri. Keputusan tersebut diambil setelah Persib Bandung bermain imbang 2-2 melawan Dewa United FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 14 Juli 2023.

Pada awal musim BRI Liga 1 2023/24, Persib Bandung mengalami tiga hasil seri beruntun, namun dengan bimbingan Bojan Hodak, tim ini mampu bertransformasi dari peringkat ke-16 menjadi peserta yang sangat kompetitif.

Selama Regular Series, Persib berhasil finis di peringkat ke-2 dengan raihan 62 poin dari 34 pertandingan, dengan 16 kemenangan, 14 hasil imbang, dan 4 kekalahan. Mereka juga menunjukkan performa yang mengesankan dengan mencetak 65 gol dan hanya kebobolan 38 gol, menghasilkan selisih gol sebesar 27.

Di babak Championship Series, Persib terus menunjukkan keunggulan mereka. Mulai dari hasil imbang 1-1 melawan Bali United FC pada leg pertama semi final hingga kemenangan 3-0 pada leg kedua. Kemudian, dalam pertandingan final melawan Madura United FC, Persib menang 3-0 di leg pertama di Bandung dan 3-1 di leg kedua di Pulau Madura.

Bojan Hodak, ketika ditanya tentang kuncinya dalam membentuk tim Persib, mengatakan bahwa apa yang dia lakukan hanyalah hal biasa, namun tim telah berkembang secara luar biasa.

"Sebenarnya saya tidak tahu benar apa yang saya lakukan di tim. Saya rasa yang dilakukan adalah biasa saja sama seperti yang lainnya. Tapi tim memang berkembang luar biasa,” ucap Bojan Hodak usai laga final lawan Madura United, Jumat (31/5) malam.

Menanggapi pertanyaan tentang musim depan, Bojan Hodak dengan santai menyatakan keinginannya untuk terus memberikan yang terbaik.

“Musim depan saya juga ingin lakukan yang terbaik. Namun, yang terpenting adalah tanda tangan kontrak (di Persib) lebih dulu,” ucap Bojan sembari tertawa.

53