Home Internasional Perang Laut Merah, AS Hajar Houthi, Kapal Perusak Iran Masuk Gerbang Air Mata

Perang Laut Merah, AS Hajar Houthi, Kapal Perusak Iran Masuk Gerbang Air Mata

Teheran, Gatra.com- Iran mengirimkan kapal perusak yang penuh dengan rudal dan senjata ke Laut Merah di tengah kekhawatiran akan konflik besar-besaran di Timur Tengah. Alborz yang berukuran 308 kaki berlayar melalui selat penting selat Bab el Mandeb  "Gerbang Air Mata" di sebelah Yaman pangkalan Houthi yang didukung Iran menyerang kapal kargo.

Masuknya Albortz hanya satu hari setelah serangan AS menghancurkan tiga kapal Houthi yang didukung Iran dan menewaskan semua kombatan di dalamnya.

Pada 31 Desember, kelompok pemberontak yang didukung Iran dilaporkan menembaki kapal kontainer Maersk, yang kemudian mengirimkan panggilan darurat untuk meminta perlindungan.

Dalam konfrontasi terbesar antara AS dan Houthi sejak pecahnya perang Israel-Hamas, helikopter dari USS Eisenhower dan USS Gravely membalas tembakan ke kapal Houthi "untuk membela diri". Semua militan yang berada di tiga kapal yang tenggelam itu tewas, sementara kapal keempat melarikan diri.

Juru bicara militer Houthi Yahya Saree pada Ahad mengatakan sepuluh anggotanya dibunuh AS. Saree bersumpah bahwa AS akan “menanggung akibat” dari serangan itu.

Sementara itu, Amerika menyerukan penarikan kapal induk USS Gerald Ford dari wilayah tersebut dalam beberapa hari mendatang, menurut laporan.

Kapal perang tersebut akan meninggalkan wilayah tersebut setelah ditempatkan di Laut Mediterania selama lebih dari dua bulan di bawah bayang-bayang perang Israel melawan kelompok teror Hamas di Gaza.

Langkah Iran untuk mengerahkan kapal perangnya dapat dilihat sebagai respons tidak langsung terhadap serangan AS terhadap kelompok pemberontak yang didukungnya.

Sebelumnya, kepala angkatan laut Iran, Shahram Irani yang dikutip media Iran mengatakan bahwa Alborz "sedang menjalankan misi di Laut Merah".

Menteri Pertahanan Iran Mohammad Reza Ashtiani mengatakan pada tanggal 14 Desember: "Tidak ada yang bisa mengambil tindakan di wilayah di mana kami memiliki dominasi."

Sejak Israel mulai menggempur Gaza untuk memusnahkan Hamas, kelompok Houthi yang didukung Iran telah menyerang kapal-kapal kargo di wilayah paling sempit dan paling berbahaya di Laut Merah – Selat Bab el-Mandeb.

Kapal-kapal yang berusaha melewati celah selebar 20 mil terpaksa berlayar dengan berbahaya di dekat pantai Yaman, tempat pemberontak Houthi yang semakin berani menunggu untuk menusuk.

Selat ini merupakan penghubung strategis antara Samudera Hindia dan Mediterania melalui Laut Merah dan Terusan Suez. Sekitar 10 persen dari seluruh perdagangan global melewati jalur ini.

Situasi di kawasan ini terus tegang seiring meningkatnya kekhawatiran akan konflik Israel-Hamas yang meluas menjadi konflik besar di Timur Tengah.

Iran di sisi lain telah bersumpah untuk membalas dendam setelah jenderal senior militer Iran Sayyed Razi Mousavi terbunuh pada Hari Natal di Suriah oleh dugaan serangan udara Israel.

Slogan-slogan seperti "Matilah Amerika, Matilah Israel" diteriakkan selama prosesi pemakaman Mousavi seiring dengan banyaknya orang yang mengibarkan bendera kuning dengan pesan "Saya adalah lawan Anda [Israel]".

135